pikun? hush hush

gue akui, gue termasuk ke dalam manusia muda yang pikun parah.
untuk membuka blog ini saja, gue membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengingat passwordnya. kebayang gak gimana waktu ujian tiba?
yap, gue hingga hari ini tetap berusaha tabah terhadap nilai2 ujian gue yang tidak sesuai harapan dan bayangan. setiap harinya (sebelum ujian) gue udah sering belajar, bahkan ketika masa ujian tiba, gue ga segan untuk belajar bareng temen supaya bisa makin ingat akan pelajarannya.

gue paham, tapi gue tidak hapal.

menurut gue sih, paham bukan berarti hapal.
bisa aja banyak faktor2 lain yang bisa membuat kita lupa akan pemahaman tersebut.

ternyata oh ternyata,
coklat dapat mencegah kepikunan. coklat diyakini memiliki zat anti oksidan yang tinggi.
serbuk kokoa memang sangat kaya dengan anti-oksidan. tapi, belilah coklat hitam (dark chocolate) karena banyaknya serbuk kokoa yang digunakan adalah dua kali lipatnya coklat susu (milk chocolate). sedangkan coklat putih sama sekali tidak mengandung anti-oksidan.



selain sebagai anti-oksidan, ada satu zat yang dapat mencegah kepikunan dengan cara yang berbeda, yaitu vitamin B. salah satu jenis vitamin B, choline, adalah bahan dasar acetylcholine (neurotransmitter yang berperan aktif dalam pembentukan memori di syaraf otak). jenis vitamin B lain, niacin, membantu sintesis dan perbaikan DNA. kekurangan niacin meningkatkan kemungkinan menderita Alzheimer (kepikunan yang paling parah) sebesar 80%. orang-orang yang sangat kekurangan vitamin B memiliki gelombang otak yang abnormal, menyebabkan memori yang rusak dan gangguan psikologis lainnya.

nih ada list bahan makanan yang bagus dalam mencegah kepikunan
Bahan makanan kaya anti oksidan:

* Serbuk kokoa
* Teh

* Bawang putih
* Anggur (wine)
* Apel
* Roti gandum utuh (whole-wheat bread)
* Jeruk
* Anggur merah (buah)
* Cabai
* Beri (stroberi, blueberry, dan lain-lain)

—antioksidan khusus vitamin E—

* Mangga
* Bayam
* Brokoli
* Almond
* Kacang tanah
* Biji bunga matahari (kuaci)

Bahan makanan yang kaya vitamin B:

* Susu
* Ikan
* Telur

* Pisang
* Gandum
* Kedelai
* Daging sapi

* Daging dan hati ayam
* Kacang hijau
* Kacang polong

list yg gue italic merupakan bahan-bahan makanan yang AKAN gue makan sehari-hari. lainnya? hmmmm dipikir2 dulu deh yaa.. :)
*selamat makan dix, kasian liat lo ngedumel pasrah terus setiap liat nilai

sumber:
http://ruangpsikologi.com/makanan-anti-pikun
http://navigenics.pmhclients.com/images/uploads/DarkChocolatePhoto.jpg

No comments:

Post a Comment